SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi Dasar :
1.1
Menjelaskan konsep geografi
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Materi Pokok Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber bahan/Alat
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
Pengantar Ilmu Geografi
|
1.
Dengan tanya jawab guru
menjelaskan tentang pengertian geografi dan kajian studi geografi
2.
Secara berkelompok siswa
membahas tentang ruang lingkup kajian geografi dikaitkan dengan permasalahan
yang terjadi di bumi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang
mengalami kesulitan.
3.
Meminta beberapa perwakilan untuk
mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
4.
Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang konsep-konsep dasar geografi.
5.
Secara
berkelompok siswa membahas tentang kaitan konsep-konsep geografi dengan
kondisi lingkungan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami
kesulitan.
6.
Meminta
beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain
memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
|
· Menganalisa konsep geografi dari
berbagai referensi.
· Menyimpulkan konsep geografi dalam
kajian geosfer
|
Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
|
2
jam pelajaran
|
Mengkaji
Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA
|
Pengantar Ilmu Geografi
|
1.
Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang konsep-konsep dasar geografi.
2.
Secara
berkelompok siswa membahas tentang pendekatan penelitian geografi, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3.
Meminta
beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain
memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
|
· Menjelaskan perbedaan metode/pendekatan
geografi.
· Menerapkan metode/pendekatan geografi
dalam mengkaji fenomena geosfer
|
Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
|
2
jam pelajaran
|
Mengkaji
Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi Dasar :
1.2
Menjelaskan prinsip geografi
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Materi Pokok Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber bahan/Alat
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
Pengantar Ilmu Geografi
|
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan
tentang prinsip-prinsip geografi.
2. Secara berkelompok siswa membahas
tentang perbedaan prinsip geografi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa
yang mengalami kesulitan.
3. Meminta beberapa perwakilan untuk
mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru
memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
|
·
Mengidentifikasi prinsip-prinsip
geografi
·
Menjelaskan perbedaan
prinsip-prinsip geografi
·
Menerapkan prinsip-geografi
dalam kajian geosfer
|
Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
|
2
jam pelajaran
|
Mengkaji
Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi Dasar :
1.3
Menjelaskan aspek geografi
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Materi Pokok Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber bahan/Alat
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
Pengantar Ilmu Geografi
|
1.
Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang aspek-aspek geografi.
2.
Secara
berkelompok siswa membahas tentang aspek dan ilmu penunjang geografi, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3.
Meminta
beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan
tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
|
·
Mendeskripsikan aspek-aspek
geografi
·
Menjelaskan perbedaan aspek
fisik dan aspek sosial geografi
·
Memberikan contoh aspek-aspek
geografi dalam kehidupan sehari-hari
|
Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
|
2
jam pelajaran
|
Mengkaji
Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Standar
Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar :
2.1
Mendeskripsikan jagad raya dan tata surya
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Materi Pokok Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber bahan/Alat
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
Pembentukan Jagad Raya, Tata Surya dan Bumi
|
1.
Dengan tanya jawab guru
menjelaskan tentang teori terjadinya jagad raya dan tata surya
2.
Secara berkelompok siswa
membahas tentang teori terjadinya jagad raya dan tata surya, guru memantau
siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3.
Meminta beberapa perwakilan
untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan
(guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
4.
Dengan tanya jawab guru
menjelaskan tentang perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam
semesta.
5.
Secara berkelompok siswa
membahas tentang perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam
semesta, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
6.
Meminta beberapa perwakilan
untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan
(guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
7.
Dengan tanya jawab guru
menjelaskan tentang anggota-anggota tata surya.
8.
Secara berkelompok siswa
membahas tentang anggota-anggota tata surya, guru memantau siswa dan
mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
9.
Meminta beberapa perwakilan
untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan
(guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
10. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang identifikasi galaksi
dalam jagad raya
11. Secara berkelompok siswa membahas tentang galaksi dalam jagad raya,
guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
12. Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan
kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan
jawaban yang benar)
|
·
Menganalisis
teori terjadinya jagad raya dan tata surya
·
Menjelaskan perbedaan
anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta
·
Mengidentifikasi galaksi dalam
jagad raya
·
Mendiskripsikan
anggota-anggota tata surya
|
Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
|
4
jam pelajaran
|
Mengkaji
Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA
|
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Geografi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar