Kamis, 13 Desember 2012

SILABUS KELAS 1 SMA GEOGRAFI



SILABUS
Nama Sekolah                      : SMA
Mata Pelajaran                     : Geografi
Kelas/Semester                     : X/1
Standar Kompetensi            :  1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi Dasar                :  1.1   Menjelaskan konsep geografi
Alokasi Waktu                     :  4 jam pelajaran

Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
Pengantar Ilmu Geografi

1.      Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pengertian geografi dan kajian studi geografi
2.      Secara berkelompok siswa membahas tentang ruang lingkup kajian geografi dikaitkan dengan permasalahan yang terjadi di bumi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3.      Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
4.      Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang konsep-konsep dasar geografi.
5.      Secara berkelompok siswa membahas tentang kaitan konsep-konsep geografi dengan kondisi lingkungan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
6.      Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)

·      Menganalisa konsep geografi dari berbagai referensi.
·      Menyimpulkan konsep geografi dalam kajian geosfer

Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
2 jam pelajaran
Mengkaji Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA
Pengantar Ilmu Geografi

1.      Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang konsep-konsep dasar geografi.
2.      Secara berkelompok siswa membahas tentang pendekatan penelitian geografi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3.      Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
·      Menjelaskan perbedaan metode/pendekatan geografi.
·      Menerapkan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
2 jam pelajaran
Mengkaji Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA



SILABUS
Nama Sekolah                      : SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang
Mata Pelajaran                     : Geografi
Kelas/Semester                     : X/1
Standar Kompetensi            :  1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi Dasar                :  1.2   Menjelaskan prinsip geografi
Alokasi Waktu                     :  2 jam pelajaran

Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
Pengantar Ilmu Geografi

1.  Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang prinsip-prinsip geografi.
2.  Secara berkelompok siswa membahas tentang perbedaan prinsip geografi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3.  Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)

·          Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
·          Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
·          Menerapkan prinsip-geografi dalam kajian geosfer

Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
2 jam pelajaran
Mengkaji Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA





SILABUS
Nama Sekolah                      : SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang
Mata Pelajaran                     : Geografi
Kelas/Semester                     : X/1
Standar Kompetensi            :  1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi Dasar                :  1.3   Menjelaskan aspek geografi
Alokasi Waktu                     :  2 jam pelajaran

Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
Pengantar Ilmu Geografi

1.      Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang aspek-aspek geografi.
2.      Secara berkelompok siswa membahas tentang aspek dan ilmu penunjang geografi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3.      Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)

·          Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
·          Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi
·          Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari

Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
2 jam pelajaran
Mengkaji Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA






SILABUS
Nama Sekolah                      : SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang
Mata Pelajaran                     : Geografi
Kelas/Semester                     : X/1
Standar Kompetensi            :  2.    Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                :  2.1    Mendeskripsikan jagad raya dan tata surya
Alokasi Waktu                     :  4 jam pelajaran

Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
Pembentukan Jagad Raya, Tata Surya dan Bumi

1.      Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang teori terjadinya jagad raya dan tata surya
2.      Secara berkelompok siswa membahas tentang teori terjadinya jagad raya dan tata surya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3.      Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
4.      Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta.
5.      Secara berkelompok siswa membahas tentang perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
6.      Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
7.      Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang anggota-anggota tata surya.
8.      Secara berkelompok siswa membahas tentang anggota-anggota tata surya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
9.      Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)
10.   Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang identifikasi galaksi dalam jagad raya
11.   Secara berkelompok siswa membahas tentang galaksi dalam jagad raya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
12.   Meminta beberapa perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan (guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)

·          Menganalisis teori terjadinya jagad raya dan tata surya
·          Menjelaskan perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta
·          Mengidentifikasi galaksi dalam jagad raya
·          Mendiskripsikan anggota-anggota tata surya

Jenis tagihan :
Tugas kelompok, kuis, ulangan
Bentuk Instrumen :
Laporan tertulis dan penilaian sikap
4 jam pelajaran
Mengkaji Ilmu Geografi 1 Kelas X SMA



Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                             Guru Geografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar